10 Cara Membuat Copywriting sebagai bagian pemasaran persuasif

10 Cara Membuat Copywriting

10 Cara Membuat Copywriting Yang Bagus dan Menjual

10 Cara Membuat Copywriting

10 Cara Membuat Copywriting adalah sebagian teknik yang digunakan dalam teknik membuat materi pemasaran digunakan untuk membujuk audience melakukan suatu hal yang diinginkan. Tindakan yang dimaksud adalah membeli produk-produk yang sedang diperjualbelikan. Sebagai penjual produk kita wajib mengetahui cara membuat copywriting ketika akan mempengaruhi audience untuk memilih produk kita. 

Ada berbagai macam yang bisa dilakukan untuk membuat copywriting yang bagus dan menjual yang bisa kita aplikasikan untuk mendukung penjualan produk. Teknik copywriting sudah banyak digunakan berbagai kompetitor untuk memaksimalkan pengiklanan suatu produk. Berikut ada 10 Cara Membuat Copywriting yang bisa kita pilih dalam copywriting yang menggunakan konsep AIDCA, yaitu:

1. Story

Pembuatan copywriting ini dengan menceritakan pengalaman pribadi kepada pihak lain. Cerita mengalir dengan ending yang sulit ditebak akan membuat pembaca semakin tertarik dengan produk. Ceritakan pengalaman positif selama menggunakan produk atau juga bisa menceritakan pengalaman dari para pembeli produk kita.

2. You And Me

Menyajikan seolah kita berhadapan langsung dengan pembaca. Contohnya dalam menyajikan sebuah narasi produk menyebutkan kata “anda” atau “kamu” sebagai bentuk komunikasi dengan pembaca, bukan “kalian” atau “teman-teman”. Cara ini membuat pembaca merasakan sedang melakukan komunikasi intens dengan kita sebagai penampil produk sehingga timbul rasa percaya.

3. Fortright

Menyajikan dengan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan produk. Menyajikan produk secara proporsional atau berimbang sehingga tidak terkesan melebih-lebihkan. Memperkuat isi pesan, terkesan jujur dan benar apa adanya. Cara ini sifatnya mengedukasi untuk memperoleh simpati pembaca.

4. Hiperbolic

Menyajikan dengan melebih-lebihkan suatu produk. Tapi isi copywriting ini harus jujur dan tidak ada yang mengada-ada harus sesuai denga fakta dan data yang ada. Membuat narasi yang melebih-lebihkan produk untuk semakin menarik minat pembaca terhadap produk.

5. Teaser

Cara ini anda gunakan seolah-olah anda menantang pembaca untuk mencoba produk yang kita jual. Kalimat-kalimat berupa tantangan akan membuat pembaca semakin penasaran untuk mencoba dan memperoleh pengalaman ketika memakai produk yang kita jual. 

6. Newspage

Teknik ini berupa narasi berita atau pengumuman, tujuannya untuk memberikan informasi yang penting mengenai produk yang disajikan. Cara membuat copywriting ini berusaha menampilkan deskripsi produk sesuai kenyataan yang ada. Kalimat-kalimat berupa narasi berita membuat deskripsi produk tidak boleh dilewatkan untuk dibaca secara lebih detail.

7. Competitive

Membandingkan kualitas, fitur dan benefit produk kita dengan produk kompetitor. Menampilkan perbandingan akan membuat pembaca lebih mudah untuk menyesuaikan produk yang dibutuhkan. Cara ini memudahkan pembeli memilih produk sehingga meminimalisir kesalahan memilih produk yang berimbas pada pengalaman penggunaan produk.

8. Factual

Cara ini banyak bicara soal data, fakta dan informasi dari produk yang dijual. Memberikan deskripsi secara faktual sehingga ada bentuk transparasi dan terkesan ilmiah. Factual copywriting membuat pembaca percaya dengan produk-produk yang kita jual karena mengandung pemahaman umum.

9. Humorous

Mengemas tampilan produk dalam bentuk humor lucu yang menghibur. Tujuan dari cara ini memberikan rasa nyaman kepada audiens. Meskipun dengan cara humor yang lucu, penyajian produk tidak boleh mengurangi deskripsi dari produk itu sendiri.

10. Visual

Kita menampilkan suatu produk dengan tampilan visual. Tampilan visual yang dikemas dengan sangat baik akan membuat calon konsumen tertarik dengan produk yang kita jual. Tampilan visual berupa desain gambar atau vidio akan mudah dipahami oleh calon konsumen anda.

Cara membuat copywriting di atas bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita dalam menampilkan produk. Menguasai teknik dengan baik akan memaksimalkan penjualan produk. Calon konsumen akan mudah tertarik dengan produk yang sedang kita tampilkan dari membaca seluruh kalimat persuasi atau sajian visual yang menarik. Selalu kedepankan kejujuran dalam menjual produk sehingga memberikan pengalaman positif penggunaan produk dan menciptkan pelanggan baru untuk produk kita.

Di bawah ini ada video youtube berjudul ” 10 cara membuat copy writing yang bagus dan menjual”, yang dibawakan oleh Mas Handoko Tantra. Yuk kita simak video ini karena dapat membawa tambahan pemahaman apa itu copywriting.

baca juga : belajar facebooks ads lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *