Animasi Pembelajaran dengan Sparkol videoscribe Untuk Pemasaran

Cara Membuat Animasi Pembelajaran dengan Sparkol Videoscriber

Animasi Pembelajaran dengan Sparkol

Animasi Pembelajaran dengan Sparkol

Animasi Pembelajaran dengan Sparkol adalah salah satu cara kita membuat copywriting agar menarik minat konsumen. Content creator bisa membuat presentasi-presentasi yang menarik dengan menggunakan aplikasi-aplikasi animasi yang telah banyak tersedia. Salahsatu aplikasi yang dapat digunakan oleh content creator untuk membuat animasi pembelajaran adalah Sparkal Videoscribe. 

Videoscribe merupakan aplikasi video animasi gambar yang dapat merangkai sebuah cerita. Aplikasi ini dapat membuat story line atau menggambarkan sebuah perjalanan. Ini adalah salah satu aplikasi yang tepat untuk mempresentasikan usaha kita dalam video animasi.

Untuk menginstall Sparkol Videosscriber bisa dilihat dari materi pembelajaran kita sebelumnya. Berikut langkah-langkah cara membuat animasi pembelajaran dengan videoscriber :

baca juga : cara pasang sparkol videoscriber

1. Cara Memasukan Teks

Pilih teks yang telah kita siapkan dengan mengklik ikon teks, kita dapat mengganti font sesuai dengan yang kita inginkan. Untuk beberapa font dalam bentuk offline tidak langsung tersedia di videoscribe kita dapat terkoneksi internet untuk mendownload beberapa font. 

2. Cara Memasukkan Gambar

Klik ikon gambar untuk memasukkan gambar pada kanvas kita. Kita dapat memilih gambar yang sudah disediakan videoscribe atau dapat mengambil dari internet. Jika kita ingin mengambil gambar dari internet pastikan kita terkoneksi dengan jaringan internet. Namun jika kita sedang offline kita dapat memiih gambar yang sudah disediakan oleh videoscribe. Kita juga dapat mengambil gambar dari folder yang sudah kita siapkan.

3. Atur Penempatan Kamera

Untuk membuat visual animasi pembelajaran yang fokus, kita perlu melakukan penguncian kamera untuk setiap elemennya agar penyajian presentasinya utuh dan komprehensif. Caranya adalah dengan kita kunci kameranya yang berada di pojok kanan bawah (bersimbol “kamera”) pada setiap elemen yang sudah kita buat, baik yang berupa teks, gambar dan sebagainya.

4. Atur Durasi

Jika video per elemennya ( baik berupa gambar maupun teks) kita rasa terlalu lama durasinya maka kita bisa menyingkatnya dengan mengatur durasinya. Caranya dengan mengklik gambar/teks/elemen yang telah kita masukkan, dan pada setting waktu kita bisa ubah waktu animasinya. Jika kita ingin preview elemen yang sudah kita ubah durasinya, maka disamping kanan gambar/elemen/teks ada tombol preview yang bisa kita klik. 

5. Atur Animasi

Jika kita ingin gambar kita tidak digambar satu persatu (draw) tapi seolah-olah ditempelkan (move in) kita dapat mengklik “change properties of this element ” pada bagian kanan gambar yang akan dimodifikasi. Pilihannya ada draw yaitu dengan di gambar, move in tampilan akan seolah-olah ditempelkan. Kita juga bisa mengatur durasi, pause dan transisi pada bagian ini.

6. Tambahkan Musik

Musik membuat animasi pembelajaran akan semakin menarik dan menyenangkan. cara memasukkannya dengan mengklik ikon music track. Lalu kita bisa memilih pada musik yang disediakan oleh aplikasi atau kita bisa memilih dari musik yang sudah kita punya di folder computer kita. Jika kita ingin mengambil dari folder kita klik ikon folder lalu cari dimana kita menyimpan music klik open dan ok.

7. Tambahkan Voice Over

Dengan memasukan voice over pada video animasi maka kita bisa merekam suara kita untuk lebih memperjelas content yang sedang kita buat. Cara memasukkan musik ini dengan mengklik ikon “voice over” pada panel toolbar.

8. Publikasi Video Animasi

Langkah terakhir adalah publikasi, publikasi ini merupakan proses kompilasi dari asset-aset yang kita masukkan tadi menjadi satu kesatuan yang utuh. Cara publikasi yaitu dengan mengklik ikon publish (di pojok kanan atas ). Kemudian kita dapat memilih ingin mempublish secara offline atau online. Jika ingin memilih publish offline klik create video file, lalu tentukan jenis video, ukuran, dan frame rate, lalu klik ok. Jika kita ingin mempublish secara online kita dapat memilih mempublish melalui youtube atau facebook lalu klik ok.

Itulah cara sederhana membuat animasi pembelajaran dengan sparkol videosribe. Untuk lebih jelasnya mari kita saksikan video-youtube dari Tani Cyber tentang cara membuat animasi pembelajaran dengan sparkol videosubscriber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *