Cara Membangun Personal Branding bisa membuat jualan kita laris.

Cara Membangun Personal Branding

Cara Membangun Personal Branding

Cara Membangun Personal Branding

Cara Membangun Personal Branding penting karena dengan produk yang sama, harga yang sama dan marketnyapun sama, kita bisa membuat jualan kita menjadi laris dan orang belinya ke kita. Sebagai catatan, kalau bicaranya produknya apa? dan kenapa beli produknya? maka itu adalah masalah produk. Akan tetapi jika masalahnya adalah orang mau beli ke siapa? maka ini adalah urusan personal.

Personal brand akan menjadi sangat penting ketika penentu keputusannya adalah personalnya bukan produknya dalam artian produknya sudah beres. Oleh karena itu masalah personal brand sangat penting bagi kita sebagai penjual entah itu seorang reseller, agen ataupun distributor atau siapapun juga yang ingin dipersepsikan berbeda di mata audiencenya.

Pentingnya Membangun Personal Branding

  1. Self awereness yaitu bisa menyebarkan kebaikan bagi banyak orang. Kalau personal brand kita kuat maka kita semakin relatif mudah memberikan manfaat kepada orang lain
  2. kredibilitas. Ketika seseorang membangun personal brand maka kredibilitasnya akan semakin meningkat. Sebagai contoh : A, B dan C adalah penjual dengan produk, harga dan market yang sama. Namun A tidak dikenal, B dikenal namun tidak pernah sharing dan C dikenal dan sering sharing. Kira-kira siapa yang akan laris jualannya?
  3. Mendatangkan follower. Follower yang banyak maka potensi leadnya dan pembelinya juga banyak. Itu sebabnya artis yang umumnya punya personal brand akan punya follower yang banyak dan mudah mendapatkan pembeli.

baca juga : jualan ataukah branding dulu

Pertanyaannya bagaimana kita bisa membangun personal brand? Ini dia cara membangun personal brand, yaitu kita harus mempunyai:

  1. Kompetensi. Kompetensi berbicara tentang skill atau kemampuan kita. Misalnya kompetensi kita adalah “berbicara” maka kita kecenderungan punya personal brand menjadi guru, motivator, public spraker, dan sebagainya.
  2. Reputasi. Reputasi berbicara tentang apa yang pernah kita torehkan atau berikan kepada orang lain. Misalnya sebagai seorang public speaker, pernah diundang kemana saja? dan sebagainya.
  3. Prestasi. Prestasi adalah nilai tertinggi atau penghargaan tertinggi yang dicapai seseorang dari reputasinya.

Dengan ketiga langkah ini maka kita bisa membangun brand yang kuat, powerfull dan amazing. Membangun personal brand tidak sebentar. Kita perlu belajar banyak elemen seperti: diferensiasi, reason to believe, brand persona dan sebagainya.

Di bawah ini ada video-youtube kang Dewa yaitu cara membangun personal branding. Menarik sekali. Yuk kita saksikan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *