Cara Mengumpulkan Nomor Whatsapp Adalah Dasar Membangun traffic

Cara Mengumpulkan Nomor Whatsapp Tertarget

Cara Mengumpulkan Nomor Whatsapp

Cara Mengumpulkan Nomor Whatsapp

Cara Mengumpulkan Nomor Whatsapp sangat penting untuk membangun data base tertarget melalui own traffic kita di whatsapp. Dalam penjelasan terlebih dahulu dijelaskan bahwa dalam digital marketing, traffic adalah salah satu komponen penting dan salah satunya adalah whatsapp.

Seperti kita ketahui Traffic terdiri dari 4 macam yaitu : traffic organic, traffic berbayar (paid traffic), JV traffic dan yang terakhir adalah Own traffic. Own traffic (traffic pribadi) harus dipelihara dengan baik karena bersifat pribadi dan spesial. Contoh Own traffic adalah : WA dan Email.

Untuk memelihara own traffic kita harus tahu ilmu funnel, manage database, membuat lead dan biaya tools yang mendukungnya. Tools yang mendukung data base untuk email antara lain : getrespon, mailchaim, kirimemail. Sedang yang mendukung data base whatsapp direkomendasikan menggunakan WBSpro.

Chanel dalam digital marketing ada 3:

  1. chanel promosi, tempat orang mempromosikan produknya di market. Biasanya menggunakan FB, Instagram, youtube dan WA.
  2. chanel transaksi yaitu tempat orang membelanjakan uangnya, biasanya melalui market place, webstore dan WA
  3. chanel distribusi yaitu bagaimana caranya produk kita terdistribusi . Apakah dine in atau dikirim.

Kelebihan own traffic adalah data tersebut milik kita sendiri, dan dapat digunakan kembali kapanpun, tidak akan hilang kecuali memang kita kehendaki. Dengan menjaga dan meningkatkan data basenya, kita akan dengan cepat bisa membangun bisnis kita.

baca juga : cara belajar digital marketing

Cara Mendapatkan Database Whatsapp

Kebanyakan orang tidak tahu bagaimana mendapatkan database WA tertarget. cara pertama, biasanya mereka memasang lead magnet berupa iming ebook, vouceher, give away untuk mendapatkan data customer baik nama, nomor HP, email dan sebagainya. Tetapi pastikan lead magnet sesuai dengan target market.

Cara kedua yaitu scrape syariah yang cukup segmented dan valid. Caranya dengan search di google map sesuai bidang usaha dan lokasi yang mau kita cari. misalnya : “hijab, bandung”. Nomor WA yang muncul bisa kita kumpulkan jadi database kita.

Tidak disarankan untuk jualan secara langsung (nyepam). Kita bisa masuk funneling yang lain seperti iklankan di face book ads di custom audience , atau memberi content-content dan berinteraksi dengan mereka terlebih dahulu.

Cara ketiga, yaitu dengan join ke grup-grup whatsapp yang tertarget, yang umumnya ada di facebook. Caranya dengan search di google sesuai lokasi yang mau kita cari. Misalnya” site:facebook.com chat.whatsapp.com bandung”. Nama grup tertarget dan nomor WA member kita kumpulkan.

Juga tidak disarankan langsung jualan. Kita bisa hubungi satu persatu WA member untuk interaksi atau berikan dahulu content-content di grup yang bermanfaat yang sesuai dengan target kita.

Jadi inti membangun database whatsapp tertarget secara umum adalah memperbanyak kontak yang tertarget serta membuat dan mensharingkan content yang bermanfaat agar terjalin interaksi yang baik.

Database WA Dengan Tools WBSpro

Dari cara-cara di atas dapat dibayangkan rumitnya membangun database own traffic whatssapp. Untungnya saat ini sudah ada tools pihak ketiga yang cukup efisien yaitu : WBSPRO. WBSpro didesain berdasarkan pengalaman kang Iswan dan kawan-kawan.

WBSpro penggunaanya mudah, untuk mendapatkan nomor WA berdasar keyword dan nama kota kita bisa gunakan fiture “scrap map”. Data bisa langsung dikumpulkan jadi database kita. Selain itu dapat mentransfer semua sources seperti : file, audio, video, template dan sebagainya. Untuk sedikit teknis bisa dilihat video di bawah ini.

Sebagai pesan utama membangun database whatsapp, yaitu agar tidak kena band maka kita sebaiknya melakukan funneling terlebih dahulu dan tidak asal jualan (nyepam). Masalah akan muncul jika ada report dari penerima, oleh karena itu buatlah content yang dapat dipertanggung jawabakan.

Ini dia video-youtube kang Dewa plus kang Iswan Febriyanto yaitu “Cara mendapatkan ribuan nomor whatsapp tertarget”. Menarik untuk disaksikan, yuk kita saksikan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *