Cara Pasang Conversion Pixel Website - Retargeting customer potensial

Cara Pasang Conversion Pixel

conversion pixel

Cara Pasang Conversion Pixel sangat berguna bagi pebisnis yang baru saja menggeluti dunia bisnis online. Optimalisasi iklan di facebook bisa jadi strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan traffic Anda di website, dan itu dapat dilakukan dengan melakukan conversion tracking.

Sebelum melakukan itu Anda terlebih dahulu harus tahu apa itu conversion pixel dan bagaimana cara memasangnya di website atau landing page Anda.

baca juga : memasang pixel event facebook

Pengertian Conversion Pixel

Conversion pixel adalah sebuah pixel facebook yang biasanya digunakan untuk mentarget ulang calon customer yang pernah mengklik tombol order pada halaman website kita. Jika ada yang mengklik tombol tersebut maka secara otomatis akan mengaktifkan conversion pixel.

Ketika kita klik manage ads > pixel, maka akan muncul create audience dan create conversion. Karena itu pixel yang terpasang di facebook untuk custom ada dua jenis yaitu :

  1. pixel yang terpasang di custom audience (hanya sekedar web traffic)
  2. pixel yang terpasang di conversion pixel untuk retargeting orang-orang yang sudah pernah klik halaman checkout / order now di websitekita.

Create audience digunakan untuk mendapatkan data sebatas orang-orang yang mengunjungi web, sedang create conversion adalah mendapatkan data orang-orang yang sudah order now / check out sehingga kita dapat data orang-orang yang memang benar niat beli (bisa untuk retargeting atau mengiklan lagi)

Cara Memasang Conversion Pixel

Jika Anda menggunakan wordpress, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memasang conversion pixel ini ke website Anda. Cara paling mudah ialah menggunakan “tracking code manager”. Namun  untuk bisa menggunakan cara ini, Anda harus memiliki akses “dashboard wordpress” yang perlu digunakan untuk proses instalasi plugin terlebih dahulu.

Jika Anda sudah bisa mengakses dashboard wordpress, maka lakukan hal-hal berikut:

  1. Di website kita : Klik plugin adnew ” “tracking code manager”, install dan aktifkan lalu disetting.
  2. klik “add new tracking code” dan beri nama. Centang “standar code tracking in your website”. Centang “in spesific page or post”. Selanjutnya kita bisa pilih page yang mana (dalam hal ini pilih page : order now)
  3. Di Facebook: manage ads > tools > pixel > conversion tracking pixel (old) > create pixel >beri nama pixel misalnya : Check out – order x, > create pixel. (catatan: choose action : checkout) > view pixel code > kita copy codenya dan kita pastekan ke website kita di tracking code manager > done. Kita bisa mengiklan.
  4. di website : paste kan code tersebut, dan save. selesai.

Setelah semua langkah pemasangan selesai Anda lakukan, jangan lupa untuk mengecek ulang apakah convrsion pixel Anda benar-benar terpasang di landing page order anda. Instal Chrome Extension untuk membantu Anda mengecek apakah facebook pixel Anda telah benar-benar terpasang di halaman website Anda atau belum. 

Untuk mengetahui pixel sudah terpasang atau belum caranya ketik di google : klik pixel helper add on. Akan muncul facebook pixel helper – google crom lalu kita klik. Selanjutnya keluar “add” ketik saja dan nanti akan muncul di sudut kanan atas. Jika sudah terpasang pixel maka akan muncul warna hijau.

Selanjutnya kita mulai mengiklan, caranya seperti biasa yaitu manage ads : create campaign, create ad dan create ads.

Di bawah ini ada video cara pasang pixel conversion di landing page /website kita. Yuk kita saksikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *