Jualan ataukah Branding Dulu adalah Pertanyaan Dasar Pebisnis Awal

Jualan ataukah Branding Dulu

Jualan ataukah Branding Dulu

Jualan ataukah Branding Dulu

Jualan ataukah Branding dulu adalah pertanyaan yang muncul ketika orang baru mulai membangun bisnisnya. Beberapa orang mengatakan sebaiknya branding dulu dan sebagian bilang jualan dulu.

Kita perlu pisahkan brand atau branding. Branding adalah sebuah effort untuk memperkenalkan brand, sehingga audience mendapatkan experience dengan brand kita. Sementara brand adalah merek, produk, logo atau karakternya.

Karena sebagai pebisnis kita butuh cash flow tentunya kita boleh jualan dulu dengan syarat tertentu yaitu kalau produk kita bagus. Misalnya offer kita bagus karena memberikan kepuasan konsumen maka biasanya akan ada repeat order atau penilaian posistif, dan ini nantinya akan menciptakan brand yang bagus untuk produk kita.

baca juga : membangun bisnis online pemula

Kalau kita cuma awareness atau mengiklan saja dan tidak ada jualannya maka sesungguhnya kita buang-buang uang saja. Apalagi kalau branding kita tidak kita buat dengan konteks funnel misalnya, cuma kasih artikel, kasih cerita, habis itu orang lihat lalu pergi lagi maka ini wasting-time dan wasting money.

kalau kita memang ingin membranding karena produk kita memang harus dikenal dulu, berarti stepnya adalah : kasih artikel atau video dulu, kemudian orang yang nonton kita retargeting ke video berikutnya yang bersifat jualan.

Jadi ini adalah step dari sebuah funnel bukan sekedar branding saja karena kebanyakan yang bilang branding dulu baru jualan kebanyakan praktisi yang baru mulai yang sebenarnya belum mengerti caranya jualan.

Jadi jika offer kita bagus, jualan dulu itu tidak ada masalah. Di bawah ini ada video-youtube dari Om Denny Santoso yaitu ” Baru bangun bisnis, jualan atau branding dulu.”. Yuk kita saksikan bersama.

One thought on “Jualan ataukah Branding Dulu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *