Membuat Business Model Canvas dalam perencanaan bisnis terstruktur

Cara Membuat Business Model Canvas Bagi Pemula

Membuat Business Model Canvas

Membuat Business Model Canvas

Membuat Business Model Canvas adalah membuat model perencanaan bisnis dengan mengisi gambar yang tersedia Ada beberapa kolom atau gambar di model ini yaitu di sisi kanan berisi : customer segmen, value proposition, chanel, customer relationship, revenew stream. Sementara di sisi kiri berisi: key activities, key resources, key partner dan cost structure.

Langkah-langkah membuat bussiness model canvas bagi pemula adalah sebagai berikut :

Kolom Sisi Kiri

1. Customer segment. Customer segment adalah menentukan target atau segmen pasarnya sesuai dengan produk yang akan kita jual. Misalnya produk smart detox (produk kesehatan dan pelangsingan) ini cocok untuk segmen ibu-ibu rumah tangga berusia 35-45 tahun

2. Value proposition. Value proposition adalah kelebihan dari produk tersebut. Misalnya bisa tanpa olahraga, rasanya enak, tidak ribet penggunaanya, masih bisa makan enak tidak perlu diet ketat.

3. Chanel. Chanel adalah cara menyampaikan value proposition ke customer segment. chanel bisa menggunakan facebook, instagram, youtube, wa story dan sebagainya.

4. Customer relationship. Customer realtionship pada dasarnya adalah membangun hubungan. Bagaimana customer bisa mengkontak, bisa repeat order, dan sebagainya. Bisa kita gunakan kontak dengan WA. Di sini artinya kita harus rajin bikin tips kesehatan, update produk.

5. Revenew stream. Hasil apa yang kita dapat,( tentunya real-profit).

Kolom Sisi Kanan

1. Key activities. Key activities misalnya dengan beriklan facebooks minimal Rp. 500.000 /day, web lbo: 10.000 postingan, postingan IG yang banyak before dan after, fb status 3 x sehari , wa story 30 /day, (sesuaikan dengan tujuan dan kondisi kita).

2. Key resources. Key resources berarti kita harus punya akun seperti akun facebook, akun instagram, website hosting dan domain, elementor dan sebagainya

3. Key partner. Key partner misalnya dengan produsen smart detox synergy, kita juga harus kenal dengan kasirnya dan sebagainya. kita juga nantinya harus mengenal reseller kita (jika sudah ada)nantinya, mentor-mentor kita dan sebagainya.

4. Cost structure. Cost structure adalah uang yang harus kita keluarkan dalam perencanaan bisnis, misalnya : cost beli pulsa modem, beli hosting domain misalnya 900.000/setahun, tools virol, game caster, budget iklan fb budget iklan google adword, budget iklan instagram dan sebagainya.

baca juga : membuat tim digital marketing sendiri

The Value proposition

Khusus untuk Value proposition ada lembar kerja khusus yang lebih detil yaitu lembar :the value proposition canvas”. yang terdiri dari dua sisi yaitu sisi customer segment ( gains, customer job, dan pains) dan sisi value proposition (product and service, pain relievers, gain creator).

Bagaimana cara mengisi The value proposition untuk Untuk lebih jelasnya yuk kita saksikan video di bawah ini ya.

One thought on “Cara Membuat Business Model Canvas Bagi Pemula”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *