Membuat Formulir dengan WPForms Di Elementor

Membuat Formulir dengan WPForms

Membuat Formulir dengan WPForms

Membuat Formulir dengan WPForms

Membuat Formulir dengan WPForms di Elementor sangat bermanfaat bagi mereka yang tidak memahami sistem koding. Sekarang kita bisa membuat form keren hanya dengan elementor dan WP Forms dimana datanya bahkan bisa masuk ke email kita langsung Tetapi syaratnya kita harus gunakan untuk wordpress berbayar.

baca juga : kerja remote bisnis online

Langkah Pembuatan Form

Untuk semakin menunjang bisnis kita maka kita membutuhkan reseller sebagai tangan kedua yang membantu mempromosikan bisnis kita. Karena semua serba online maka kita juga harus bisa memanfaatkan media online untuk menjaring reseller baru kita dan ini memerlukan form yang bisa memasukan data mereka langsung ke emailkita. Di bawah ini cara membuat form dengan elementor dan wpforms.

1. Buat Form

Form ini dibuat untuk memasukkan nama dan nomor whatsapp dari calon reseller. Pertama masuk ke dashboard dan klik WP Forms, cara untuk mendapat WP forms bagi yang belum ada di dashboard yaitu : klik plugin > klik addnew > ketik “wp form” > klik install > klik aktifkan. sampai terinstall.

Jika WPform sudah terinstall di dashboard, selanjutnya klik WP form > klik addnew > ketik nama form, misal : form gabung menjadi reseller > pilih jenis form yang ingin digunakan dan kita bisa memilih simple form untuk yang lebih mudah. Selanjutnya kita bisa mengubah form sesuai keinginan kita, misalnya :

  1. Untuk bisa menambahkan kotak maka kita bisa klik pilihan pada standart fields dan bisa juga menghapus template yang telah ada sebelumnya di pojok kanan.
  2. Jika mau mengubah nama kolom maka klik pada nama kolom yang ada, sedang mengubahnya ada di sebelah kiri kolom yaitu pada label dan description.
  3. Apabila kolom isian memang wajib diisi, maka centang pada kotak required. Sedangkan untuk kata “submit” juga bisa diubah misal dengan kata “gabung” dan tulisan “sending” bisa diganti “kirim”.
  4. Pada kolom notifications maka tuliskan email untuk memasukkan datanya dalam email tersebut.
  5. Kolom confirmation bisa diganti kalimat sesuai keinginan anda misalnya :”data sudah diterima mohon konfirmasi selanjutnya atau klik disini untuk mempercepat verifikasi (gunakan link WA)
  6. Jika setting confirmasi sudah disave, kita ambil source kodenya dan simpan di notepad.

2. Buat Halaman Baru

Untuk membuat halaman baru, kita membuatnya di page dengan menggunakan plugin”elementor” (kita install terlebih dahulu).

  1. Klik halaman baru lalu isikan title sesuai keinginan kita, misal “reseller kita”.
  2. Lalu pada atribut laman sebelah kanan maka pilihlah elementor canvas agar tampilannya full tanpa ada sitebarnya.
  3. Setelah itu klik publish dan langsung bisa di edit dengan elementor. Elementor ada versi gratis ataupun berbayar tinggal mana yang kita pilih.
  4. Selanjutnya pilih templates yang kita sukai lalu kita lakukan pengeditan sesuai keinginan kita. Untuk menggunakan gambar, kita bisa ambil dari google tetapi gunakan dengan extension ” png”, misalnya bungamawar.png.
  5. Anda bisa melakukan pengeditan

3. Masukkan Shortcode Ke Halaman Baru

  1. Pada bagian elementor kita tuliskan “shortcode” pada kolom pencarian, yang akan memunculkan tulisan [shortcode) di bawahnya. tuliksan ini kita drage ke halaman baru pada posisi yang kita inginkan.
  2. Selanjutnya dari notepad kita copy shortcode dan kita pastekan di bagian “enter your shortcode”, lalu klik “apply”. maka munculah formulir di halaman baru kita.
  3. Apabila ada kesalahan dalam formulir maka bisa dilakukan edit ulang pada form yang tersimpan dalam WP forms lalu klik update pada bagian elementor. Teknik ini dilakukan terus sampai didapatkan formulir yang kita inginkan. 

4. Tes Apakah Data Masuk Ke Email

  1. Pada bagian pojok kiri elementor klik > exit to dashboard. Selanjutnya di dashboard Klik update > klik preview untuk melihat hasil perubahan yang sudah kita buat.
  2. Dari hasil update di atas didapat halaman yang berisi form yang sudah update. Coba dengan memasukkan isian dalam form tersebut, lalu lihat hasilnya di email kita.
  3. Jika di kotak masuk email kita tidak ada pemberitahuan maka cek pada spam email kita. Apabila sudah muncul di kotal masuk maka tandanya formulir yang kita buat sudah bisa digunakan.

Di bawah ini ada video Cara Membuat Form Keren Dengan Elementor dan Wp Forms Datanya Masuk Ke Email by Wawan Int. Semoga bisa menjadi inspirasi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *