Seminar Easy Copywriting - Mengenal Teknik Copywriting

Seminar Easy Copywriting

Seminar Easy Copywriting

Seminar Easy Copywriting

Seminar Easy Copywriting ini didasarkan buku “easy writing contek abis sampai laris” yang dibuat oleh Mas Dewa Eka Prayoga.

Ini dimulai dari keengganan Mas Dewa berjualan offline, sehingga dia mempelajari teknik pemasaran yang online, dan dia menemukan cara membuat copywriting yang dahsyat.

Sebagai catatan video ini sudah lama sekali ditayangkan yaitu 2015, tapi ilmu copy writing ini tetap oke untuk kita pelajari. nah…ikuti video Seminar dari Dewa Eka Prayoga di bawah ini., berikut sedikit uraian mengenai copywritingnya sendiri

Bagian-bagian atau anatomi copy writing adalah :

Headline

Headline adalah iklannya iklan. Calon pembeli akan tertarik dengan copywriting kita karena headline yang baik.

Penawaran

Orang-orang tidak membeli produk karena semata-mata butuh, penawaranlah yang membuat mereka merespon apa yang kita jual. Kita harus tahu apa yang menjadi masalah dan apa yang diinginkan oleh calon kustomer, sekaligus kita memberikan solusinya. Penawan harus mencantumkan :

  1. pengantar. Berupa cerita, intro yang menyambungkan headline dengan penawarannya. Istilahnya membangun kedekatan dengan calon pembeli.
  2. deskripsi produk. Secara detail jelaskan apa produk kita dan bagaimana produk ini bisa membantu menyelesaikan masalah calon pembeli
  3. detail manfaat.

Alasan

Jelaskan mengapa dan kenapa orang harus membeli produk/jas anda. Jika kita ingin membuat calon kustomer yakin dengan penawaran kita, maka kita harus punya alasan kuat kenapa mereka harus membeli produk kita

Bonus.

3 hal yang mesti anda perhatikan tentang bonus, yaitu:

  1. ada nilainya. Biasakan gunakan kata “senilai Rp…” dalam bonus yang kita berikan.
  2. Relevan. Bonus sebaiknya relevan dengan produk utama kita, supaya value yang kita jual tidak melenceng
  3. Berkualitas.

Testimoni

Testimoni membuat copywriting kita semakin dipercaya dan juga membantu kita untuk tidak capek menjelaskan produk knowledgenya. Selain itu dengan testimony secara tidak sadar akan meningkatkan koversi penjualan produk kita.

Dan sebenarnya bukan hanya testimony, tetapi juga apapun yang bisa mendongkrak kredibilitas kita, seperti: endorsement, sertifikat ISO, BPOM, pengakuan, dll.

Garansi

Garansi akan memusnahkan keraguan calon pembeli. Ketakutan terbesar yang dimiliki pembeli adalah rasa takut dibohongi dan terlihat bodoh.

Call To Action

Tujuan CTA adalah membuat calon pembeli terdesak dan terpaksa untuk melakukan action sekarang juga yaitu memesan atau membeli produk yang anda tawarkan. Jika CTA kita datar, maka calon pembeli hanya menikmati postingan tanpa pernah membelinya.

Tips menulis CTA : 1) Tulis lebih dari satu kali, ini akan memberikan efek hypnosis, 2) Satu perintah dalam satu penawaran dan 3) To the point, jangan berbelit, suruh mereka beli sekarang juga.

Contoh frasa CTA dalam penulisan : Beli sekarang !, SMS sekarang!, Subscribe disini!, Invite pin BB xxxx!, Klik disiniTelpon sekarang juga dan sebagainya.

baca juga : pola membuat copywriting persuasif

N.B

N.B adalah singkatan dari nota bene. NB adalah elemen penting kedua setelah headline yang akan memaksa pembaca untuk benar-benar action sekarang juga. Dalam NB harus disebutkan kenapa calon pembeli harus mengambil keputusan sekarang juga dan tidak menundanya.

Untuk itu cantumkan 3 hal berikut :

  1. social proof. Menunjukkan berapa banyak orang yang sudah menggunakan produk kita dan mereka puas dengan produk yang kita jual.
  2. scarcity. Berikan keterbatasan dari produk kita misalnya jumlah seat tersisa, dll
  3. urgency. Takut-takuti pembaca. Beritahu kerugian jika tidak action sekarang juga. misalnya: kita sudah menginformasikan penawaran tersebut ke banyak orang sedangkan kuota produk yang dijual sangat terbatas.

 Easy Copywriting
umber : Youtube Easy Copywriting Dewa Eka Prayoga

Ini dia Videonya: ….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *